Sulawesi

Sulawesi atau Celebes adalah pulau dalam wilayah Indonesia yang terletak di antara Pulau Kalimantan dan Kepulauan Maluku. Dengan luas wilayah sebesar 174.600 km², Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-11 sedunia.

Etimologi
Nama Sulawesi diperkirakan berasal dari kata sula (pulau) dan besi, yang mungkin merujuk pada praktik perdagangan bijih besi hasil produksi tambang-tambang yang terdapat di sekitar Danau Matano, dekat Sorowako, Luwu Timur.[1] Sedangkan Portugis adalah bangsa asing pertama yang menggunakan nama Celebes untuk menyebut Sulawesi.

Geografi
Sulawesi merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia setelah Papua, Kalimantan dan Sumatera dengan luas daratan 174.600 kilometer persegi. Bentuknya yang unik menyerupai bunga mawar laba-laba atau huruf K besar yang membujur dari utara ke selatan dan tiga semenanjung yang membujur ke timur laut, timur dan tenggara. Pulau ini dibatasi oleh Selat Makasar di bagian barat dan terpisah dari Kalimantan serta dipisahkan juga dari Kepulauan Maluku oleh Laut Maluku. Sulawesi berbatasan dengan Borneo di sebelah barat, Filipina di utara, Flores di selatan, Timor di tenggara dan Maluku di sebelah timur.

Sejarah
Pada saat kemerdekaan Indonesia, Sulawesi berstatus sebagai propinsi dengan bentuk pemerintahan otonom di bawah pimpinan seorang Gubernur. Propinsi Sulawesi ketika itu beribukota di Makassar, dengan Gubernur DR.G.S.S.J. Ratulangi.[2] Bentuk sistem pemerintahan propinsi ini merupakan perintis bagi perkembangan selanjutnya, hingga dapat melampaui masa-masa di saat Sulawesi berada dalam Negara Indonesia Timur (NIT) dan kemudian NIT menjadi negara bagian dari negara federasi Republik Indonesia Serikat (RIS).[3] Saat RIS dibubarkan dan kembali kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sulawesi statusnya dipertegas kembali menjadi propinsi.[4] Status Propinsi Sulawesi ini kemudian terus berlanjut sampai pada tahun 1960.
Mulai tahun 1960 Sulawesi terdiri dari dua buah Daerah Tingkat I [5], yaitu :

Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan-Tenggara dan
Daerah Tingkat I Sulawesi Utara-Tengah.

Pada tahun 1964 dibentuk Daerah Tingkat I Sulawesi Tengah, yang dipisahkan dari Daerah Tingkat I Sulawesi Utara-Tengah, sedangkan Daerah Tingkat I Sulawesi Utara-Tengah diubah menjadi Daerah Tingkat I Sulawesi Utara. Demikian pula Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara dibentuk terpisah dari Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan-Tenggara, sedangkan Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan-Tenggara diubah menjadi Daerah Tingkat I Sulawesi Selatan.[6]

Mulai tahun 1999 pemakaian istilah Daerah tingkat I dihilangkan, sehingga ke-empat wilayah di atas sebutannya berubah masing-masing menjadi provinsi. Memasuki era Reformasi seiring dengan munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah, terbentuk provinsi Gorontalo pada tahun 2000, dan kemudian provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2004.

Pemerintahan
Pemerintahan di Sulawesi dibagi menjadi enam provinsi berdasarkan urutan pembentukannya yaitu provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat. Sulawesi Tengah merupakan provinsi terbesar dengan luas wilayah daratan 68,033 kilometer persegi dan luas laut mencapai 189,480 kilometer persegi yang mencakup semenanjung bagian timur dan sebagian semenanjung bagian utara serta Kepulauan Togean di Teluk Tomini dan pulau-pulau di Banggai Kepulauan di Teluk Tolo. Sebagian besar daratan di provinsi ini bergunung-gunung (42.80% berada di atas ketinggian 500 meter dari permukaan laut) dan Katopasa adalah gunung tertinggi dengan ketinggian 2.835 meter dari permukaan laut.

Secara administratif pulau Sulawesi terdiri atas enam provinsi:

Gorontalo
Sulawesi Selatan
Sulawesi Tenggara
Sulawesi Tengah
Sulawesi Utara
Sulawesi Barat

Peta Sulawesi

Kota besar
Berikut 10 kota besar di Sulawesi berdasarkan jumlah populasi tahun 2010.[6]
Urutan Kota, Provinsi Populasi
1 Makassar, Sulawesi Selatan 1,339,374
2 Manado, Sulawesi Utara 408,354
3 Palu, Sulawesi Tengah 335,297
4 Kendari, Sulawesi Tenggara 489,153
5 Bitung, Sulawesi Utara 187,932
6 Gorontalo, Gorontalo 179,991
7 Palopo, Sulawesi Selatan 148,033
8 Baubau, Sulawesi Tenggara 137,118
9 Parepare, Sulawesi Selatan 129,542
10 Kotamobagu, Sulawesi Utara 107,216

Daftar gunung di Sulawesi
Awu · Bawakaraeng (2707m) · Bumbungan · Dako · Empung · Gambuta · Kajoga · Kalangkangan · Katopasa · Kaweng · Klabat · Latimojong (3680m) · Lokon (1689m) · Mabungajon · Mahawu · Mekongga (2620m) · Nikolalaki · Paniki · Rantekombola · Rantemario · Sahendaruman · Sojol · Soputan · Tangkoko · Tentolomatika · Timbulon · Tinombala · Tompobau · Tondano

Empat semenanjung utama

Semenanjung Timur
Semenanjung Selatan
Semenanjung Tenggara
Semenanjung Minahasa

Referensi

Sejarah Propinsi Sulawesi Utara
Kementerian Penerangan, Republik Indonesia: Propinsi sulawesi, 1953, hal. 176-177
Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 1950
Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 47 Tahun 1960
Undang Undang nomor 13 tahun 1964
“Indonesia: Provinces, Cities & Municipalities”. City Population. Diakses pada 28 April 2010.