SEJARAH SINGKAT KAB.NUNKAN

Setelah ditetapkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, maka dimekarkanlah Kabupaten Bulungan menjadi 2 (dua) daerah pemekaran, yaitu Kabupaten Nunukan dan Kabupaten Malinau yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 47 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat dan Kota Bontang yang ditetapkan pada tanggal 4 Oktober 1999 sebagaimana telah diubah menjadi Undang-undang nomor 7 tahun 2000.

Berdasarkan Undang-undang tersebut maka resmilah Nunukan menjadi Kabupaten yang terdiri dari 5 Kecamatan, yaitu Kecamatan Nunukan, Kecamatan Sebatik, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Sembakung, dan Kecamatan Krayan, yang diawali dengan Pelantikan Penjabat Bupati Nunukan, BAPAK Drs. H. BUSTAMAN ARHAM pada tanggal 12 Oktober 1999 di Jakarta.

Seusai dilantiknya Penjabat Bupati Nunukan, maka dilakukanlah persiapan penataan Perangkat Pemerintah Daerah dan Pembentukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Pada tanggal 25 Oktober 1999 dilantiklah 14 orang Pejabat pada eselon II, III dan IV untuk mengisi Jabatan Struktural dan pada tanggal 28 Oktober 1999, dilantik 20 orang Anggota Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nunukan Hasil Pemilihan Umum Tahun 1999, yang terdiri dari Partai Golongan Karya, Partai Demokrasi Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional.

Pada tanggal 11 April 2001 dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nunukan dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nunukan, yang pada akhirnya terpilih Bapak H. ABDUL HAFID ACHMAD dan Drs. KASMIR FORET sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nunukan Periode 2001-2006, yang kemudian dilantik pada tanggal 30 Mei 2001.

(ar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s