Gempa Sumbar Pelajaran Penting bagi Pemerintah

Sabtu, 3 Oktober 2009 – 21:09 wib

JAKARTA – Jika prediksi gempa 8,8 Skala Richter mengguncang Sumatera Barat benar terjadi, maka Padang akan dihantam tsunami dengan ketinggian gelombang empat hingga 10 meter.

Padang merupakan kota yang tiga kali lebih besar dari Banda Aceh,

Hal tersebut disampaikan ahli geologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Indonesia (LIPI) Danny Hilman Natawidjaja.

Peneliti yang sudah menghabiskan waktu 12 tahun untuk mempelajari geologi Mentawai dan Padang ini menyatakan sebagai kota yang berada di jalur gempa paling aktif di dunia, seharusnya pemerintah sudah mempersiapkan segala kemungkinan untuk menekan jumlah korban, sehingga jumlahnya tidak perlu mencapai ribuan jiwa.

“Saya kira Padang benar-benar tidak siap. Secara umum, struktur (bangunan) tidak didesain untuk tahan guncangan gempa sehiangga kehancuran begitu besar,” tuturnya seperti dikutip Reuters, Sabtu (3/10/2009).

Ia menambahkan sejak 2004 sudah ada usaha untuk mengantisipasi tsunami. Sehingga sudah dilakukan beberapa kali latihan evakuasi. Namun sejak 2004 hampir tidak ada usaha untuk mengantisipasi bahaya gempa.(ton)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s