Inggris

England national team

Getty Images

PERJALANAN MENUJU EURO 2012

  GRUP G GP GD PTS
1 Inggris (lolos)       8 5 3 0 12 18
2 Montenegro 8 3 3 2 0 12
3 Swiss 8 3 2 3 2 11
4 Wales 8 3 0 5 -4 9
5 Bulgaria           8 1 2 5 -10 5
HASIL-HASIL TOP SKOR
Sep 3, 2010: Inggris 4-0 Bulgaria
Sep 7, 2010: Swiss 1-3 Inggris
Okt 12, 2010: Inggris 0-0 Montenegro
Mar 26, 2011: Wales 0-2 Inggris
Jun 4, 2011: Inggris 2-2 Swiss
Sep 2, 2011: Bulgaria 0-3 Inggris
Sep 6, 2011: Inggris 1-0 Wales
Okt 7, 2011: Montenegro 2-2 Inggris
3 – Darren Bent, Jermain Defoe, Wayne Rooney, Ashley Young 2 – Adam Johnson,
Frank Lampard
1 – Gary Cahill

Awal perjalanan panjang Inggris menuju Piala Eropa 2012 ditandai dengan gebrakan luar biasa di partai perdana kualifikasi: Inggris menggebuk Bulgaria 4-0, dengan Jermain Defoe tampil sebagai pahlawan berkat hat-trick-nya. Dua pertandingan berlalu, Inggris merajai Grup G. Akan tetapi harapan Inggris untuk segera memastikan satu tiket ke putaran final menemui jalan terjal setelah menghadapi dua hasil mengecewakan saat ditahan imbang di kandang Montenegro dan Swiss.

Kendati demikian, pasukan Fabio Capello perlahan bangkit dengan kembali menghajar Bulgaria dan menang tipis atas Wales. Dua hasil positif itu praktis sudah cukup mengantar the Three Lions mengunci satu tempat di Polandia-Ukraina. Namun di laga pamungkas kontra Montenegro terjadi insiden yang amat sangat merugikan Inggris, yakni kartu merah Wayne Rooney. Pada laga itu, Inggris sudah sempat memimpin dua gol sebelum dikejar oleh Montenegro untuk memaksakan hasil seri 2-2. Akibat kartu merah itu, Rooney terpaksa harus absen di tiga laga penyisihan grup Piala Eropa.

SEJARAH DI PIALA EROPA

1960 Tidak mengikuti
1988 Babak grup
1964 Tidak lolos 1992 Babak grup
1968 Peringkat ketiga 1996 Semi-final
1972 Tidak lolos 2000 Babak grup
1976 Tidak lolos 2004 Perempat-final
1980 Babak grup 2008 Tidak lolos
1984 Tidak lolos 2012 Lolos sebagai juara grup

Kiprah Inggris di kejuaraan terbaik Benua Biru ini yang paling fenomenal dalam beberapa dekade ke belakang terjadi di tahun 1996, saat itu mereka mencapai babak semi-final. Namun apa lacur, kegagalan Gareth Southgate mengonversi tendangan penalti memaksa skuad asuhan Inggris era Terry Venable harus puas mengelus dada melihat Jerman melaju ke final berkat kemenangan dalam drama adu tos-tosan.

Lebih ironis lagi di edisi 2000, Inggris disingkirkan Rumania di gim final grup lewat sebuah eksekusi penalti di menit-menit terakhir pertandingan. Empat tahun berselang, kembali tendangan 12 pas menjadi sebuah cerita pahit tersendiri bagi Inggris. Bertemu Portugal di perempat-final, tim sepakbola negeri Ratu Elisabeth mesti berbesar hati bertekuk lutut di tangan Portugal yang memenangkan adu penalti.

Dan di tahun 2008 diwarnai dengan pemecatan manajer Steve McClaren atas ketidakberhasilannya membawa Inggris mengamankan tiket ke putaran final Euro 2008.

MANAJER | ROY HODGSON

Setelah pengunduran diri Fabio Capello sebagai manajer Februari lalu akibat perbedaan pendapat tentang pencabutan ban kapten John Terry oleh FA, manajer Tottenham Hotspur Harry Redknapp menjadi calon favorit menjadi pengganti. Namun, Roy Hodgson muncul membalikkan perkiraan.

Pengumuman Hodgson sebagai manajer baru dilakukan FA pada 1 Mei sehingga West Bromwich Albion dapat mencari penggantinya saat musim berakhir. Pria 64 tahun itu kenyang pengalaman melatih di FC Kopenhagen, Fulham, Internazionale, Liverpool, Finlandia, dan Swiss, tapi hanya punya sedikit waktu untuk menyiapkan tim jelang Euro 2012. Hodgson, yang dikontrak empat tahun, kemudian mengumumkan skuat tanpa diperkuat bek kawakan Manchester United, Rio Ferdinand, sehingga melahirkan pertanyaan atas pencapaian Inggris di turnamen nanti.

KAPTEN | STEVEN GERRARD

Tugas lain Hodgson sebagai manajer baru adalah memilih kapten tim dan terpilih lah Steven Gerrard sebagai pengomando skuat Tiga Singa di Euro 2012. Pilihan ini tidak mengejutkan karena Gerrard sudah berpengalaman hampir di 100 pertandingan bersama timnas dan pernah mencetak gol di ajang sekelas Piala Dunia maupun Euro.

Gerrard memulai debut 12 tahun lalu sehingga pengalaman serta kepemimpinannya dari lini tengah diperlukan tim. Pemain Liverpool ini juga dikenal sering mencetak gol penting dan memberikan assist yang cermat. Secara otomatis, posisi tim inti sudah digenggam Gerrard. Tinggal bagaimana si pemain mengatur kondisi fisiknya agar selalu dapat menjadi tumpuan tim.

PEMAIN BINTANG | WAYNE ROONEY

Wayne Rooney menjadi bagian tak terpisahkan atas lolosnya Inggris ke putaran final Euro 2012. Striker Manchester United itu telah bangkit dari penampilan buruknya di Piala Dunia 2010 lalu untuk menjadi salah satu pemain paling kontributif selama kualifikasi Euro 2012. Rooney, yang sudah tak lagi mencetak gol di turnamen besar sejak kali terakhir mencetak gol di Euro 2004, di tahap kualifikasi berhasil melesakkan tiga gol dari tujuh laga yang dilakoninya.

Namun Rooney tetaplah Rooney. Tak bisa kontrol emosi saat menghadapi Montenegro di laga pamungkas kualifikasi, ia pun diganjar kartu merah setelah menekel dari belakang Miodrag Dzudovic. Imbas dari kartu merah amat merugikan lantaran Inggris harus kehilangan jasa Rooney selama tiga pertandingan fase grup di Polandia-Ukraina. Meski begitu, Capello diyakini tetap akan menjadikan Rooney sebagai bagian dari skuad Inggris di kompetisi termasyur Eropa tersebut.

TALENTA BERBAKAT | ALEX OXLADE-CHAMBERLAIN

Direkrut Arsenal di awal musim 2011/12 dengan transfer senilai £15 juta, Alex Oxlade-Chamberlain merupakan pemain kejutan dalam skuat Inggris untuk Euro 2012. Sama halnya seperti ketika Theo Walcott dipanggil mengikuti Piala Dunia 2006, tapi potensi yang dimiliki Oxlade-Chamberlain setidaknya merupakan salah satu yang terbaik di antara pemain lain di posisinya.

Pemain 18 tahun ini memiliki kecepatan dan memahami permainan. Dia banyak belajar dari penampilan memperkuat timnas U-21 dan posisi sebagai senjata simpanan merupakan peran paling mungkin yang akan diembannya di turnamen nanti. 
Sumber: goal.com

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s