Konflik Sabah, Malaysia Kerahkan Jet Tempur Hadang Pasukan Sulu

tentara-malaysiaSituasi Desa Tanduo di Lahad Datu, Sabah masih mencekam. Pemerintah Malaysia mengerahkan pasukannya untuk berjaga-jaga dalam operasi militer menghadang para penyusup bersenjata dari Kesultanan Sulu, Filipina.

“Operasi militer fajar ini dilakukan untuk menyisir penyusup yang masih berada di sana,” demikian pernyataan Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak, seperti dilansir Media Malaysia, The Star, Selasa (5/3/2013).

Sejak Selasa pagi, jet tempur Malaysia berjaga-jaga di wilayah Felda Sahabat. Beberapa bunyi tembakan artileri pun terdengar di sekitar. Malaysia meyakini masih ada penyusup yang mendiami wilayah yang diklaim tersebut.

“Beberapa jet tempur mengudara di Desa Tanduo, diikuti suara tembakan artileri,” tulis The Star.

Ledakan demi ledakan terus terdengar. Ketegangan paling mencekam terjadi di Tanjung Labian, sekitar 7 km dari Desa Tanduo.

Lebih dari 300 warga di Tanjung Batu ketakutan. Mereka semua melarikan diri dengan bersembunyi di aula desa. Suara ledakan pun terdengar di luar. Para warga membutuhkan makanan karena belum mendapat bantuan sejak Senin 4 Maret malam.

Beberapa fasilitas umum di sekitar pun ditutup. Seperti rumah sakit di Tunku yang diliburkan untuk sementara. Serta beberapa jalan dari dan ke kota di blok.

Konflik diawali 12 Februari 2013 lalu, sekitar 100 orang Filipina, mengaku atas perintah Sultan Jamalul Kiram III, menyeberang ke Sabah, dari Mindanao menggunakan kapal.

Mereka menduduki Desa Tanduo di Lahad Datu. Dengan dalih sebagai ahli waris Sultan Sulu, orang-orang itu bersikukuh, Sabah adalah wilayah milik leluhur mereka. Sebuah klaim yang mengundang pertikaian dengan aparat Malaysia.

Pada akhirnya negosiasi pun diupayakan kedua pihak. Namun, menemui jalan buntu. Pihak Malaysia menyatakan tidak akan segan-segan untuk mengangkat senjata demi mengusir tentara Sulu keluar dari Sabah. Kabar terakhir, 8 polisi Malaysia tewas dan 19 tentara Sulu meregang nyawa

Sumber: liputan6.com – 05/03/2013

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s