10 Poin penting cara cari duit lewat WordAds

WordAds adalah program periklanan yang diperuntukkan bagi blogger wordpress.com. Jika Anda punya blog di wordpress.com dan ingin me-monetize atau mendapatkan uang dari blog Anda, maka 10 poin penting ini perlu Anda ketahui.

1. Bagaimana cara mendaftar ke WordAds? Apa kriteria sebuah blog untuk diterima?

Anda dapat mendaftar di sini: http://wordads.co/signup.  WordAds kemudian mengirimkan situs Anda ke mitra pengiklan, yang kemudian akan mengajukan dua pertanyaan utama:

  • Apakah situs Anda termasuk brand-safe dan ramah keluarga (famili-friendly)?
  • Apakah situs Anda memiliki trafik yang cukup untuk menghasilkan pendapatan yang berarti?

Google AdSense, satu mitra WordAds, menjelaskan ramah-keluarga dengan cara ini: Jika Anda tidak ingin anak Anda melihat konten blog Anda atau Anda merasa malu melihat halaman blog Anda di depan rekan-rekan, maka blog itu bisa jadi tidak aman bagi keluarga.

Hal-hal lain yang menjadi pertimbangan mitra WordAds soal brand-safe adalah ada tidaknya pelanggaran hak cipta dan ada-tidaknya unsur kekerasan dan/atau kebencian di dalamnya. Sementara “trafik yang cukup”  ukurannya agak subjektif,  jadi tidak ada ukuran baku tentang ditolak atau diterimanya blog dalam program WordAds berdasar jumlah kunjungan.

Situs Anda juga harus punya custom domain. Artinya, blog di wordpress.com dengan domain gratis tidak memenuhi syarat. (cek juga artikel ini: Opsi Pemasangan Iklan di WordPress.com).

2. Apa standar iklan yang Anda terima untuk ditayangkan di blog wordpress.com? Bagaimana saya tahu sesuatu yang tidak pantas akan muncul di blog saya?

WordAds mencoba untuk memberikan keseimbangan untuk blogger WordAds. WordAds ingin memaksimalkan penghasilan dengan memastikan slot iklan semua blogger WordAds terpenuhi, sementara juga menolak mitra iklan yang menawarkan iklan yang kita anggap akan menyesatkan.

Bentuk iklan utama WordAds adalah video YouTube yang akan berputar hanya jika diklik – seperti iklan TV. Anda dapat melihat contoh dari jenis iklan yang WordAds jalankan pada tanya jawab masalah WordAds.

Jika Anda berpartisipasi dalam WordAds dan Anda pikir WordAds melayani konten iklan yang tidak patut, silakan beritahu WordAds! Paling sering, jika ada hal yang tidak pantas muncul, maka sumbernya bukan WordAds tetapi kemungkinan adalah malware di browser Anda. Tetapi jika memang Anda menemukan bahwa iklan menjadi sumber masalah, segera beritahukan ke pihak WordAds.

3. Katakanlah saya memiliki 500 pengunjung per hari. Berapa banyak uang yang bisa dapat dalam sebulan?

Tidak ada aturan baku pada pembayaran untuk beberapa alasan. Pertama, pengiklan membayar lebih untuk iklan mereka yang dilihat pengunjung dari Amerika Utara daripada pengunjung dari Afrika atau Amerika Latin. Jadi ada variasi geografis. Kedua, tidak ada harga yang ditetapkan untuk tayangan iklan dalam iklan online. Ia bekerja seperti pasar saham, dengan harga naik dan turun secara real time sebagaimana penawaran yang disampaikan untuk penggunaan ruang yang tersedia.

Artinya apa? Semua blogger harus memahami bahwa bisa saja mereka akan membutuhkan ratusan ribu tampilan halaman untuk menghasilkan pendapatan yang berarti. Pendapatan iklan dari blog dapat menjadi tambahan penghasilan yang bagus, tapi hanya segelintir blogger yang bisa hidup dari iklan blog. (Cek juga artikel ini:  Penghasilan dan cara blogger dibayar)

4. Apa saran Anda agar pendapatan saya maksimal?

Jika Anda mulai dengan tangan kosong dan ingin membuat bisnis dari iklan, akan lebih masuk akal jika Anda menargetkan situs ke pengunjung dari Amerika Utara atau Eropa Barat, tempat iklan online sudah tumbuh berkembang dan mau membayar lebih. Ini mungkin tidak bisa menjadi pilihan bagi beberapa situs, tapi itulah fakta yang harus dipahami para blogger.

Hal utama lain adalah blog Anda perlu benar-benar mendapatkan trafik dan pegaview besar. Apa pun yang Anda lakukan untuk meningkatkan trafik blog Anda  – berpartisipasi dalam acara blogging atau semacam roundups, misalnya – akan meningkatkan penghasilan Anda.

5. Jika saya menjalankan iklan, apakah pengiklan bisa mempengaruhi konten blog saya? Dapatkah saya tetap mengatakan “toh ini hak saya”?

Tidak, pengiklan WordAds tidak memiliki hak suara apapun untuk apa yang Anda tulis. Namun, jika mereka merasa blog Anda bukan (lagi) situs yang family-friendly mereka akan memblokir iklan di blog Anda. WordAds juga bekerja sama dengan pengiklan yang tidak ingin tampil dalam blog dengan konten politik atau agama, meskipun sebenarnya adalah family-friendly.

WordAds mencoba untuk membela blogger WordAds ketika pengiklan memasukkan blognya dalam daftar “situs hitam”, tapi ini memang sebuah tantangan. Sebab, pengiklan memiliki jutaan blog untuk mereka pilih dan menempatkan iklan mereka di sana.

6. Mengapa saya tidak dapat menggunakan program iklan lainnya, seperti Google AdSense atau Federated Media?

Jika hal itu Anda lakukan, artinya Anda sekadar nambah beban kerja sendiri. Cara terbaik untuk berpikir tentang WordAds adalah bahwa WordAds mengelola mitra iklan seperti Adsense, Federated Media, dan puluhan orang lain untuk Anda. Untuk menghasilkan deal iklan yang bagus, membutuhkan banyak negosiasi dan kerja teknis rumit. Meringankan blogger dari sejumlah besar pekerjaan administrasi macam itulah salah satu manfaat utama jika Anda berpartisipasi dalam WordAds.

7. Jika saya bagian dari WordAds, masihkan WordPress.com menempatkan iklan sendiri di blog saya?

Tidak. Setelah Anda menjadi bagian dari WordAds, tidak ada iklan WordPress.com lain di situs Anda.

8. Dapatkah saya memilih keluar dari jenis iklan tertentu atau memilih iklan mana yang dijalankan?

Saat ini Anda tidak memiliki pilihan untuk keluar dari jenis iklan atau memilih iklan tertentu karena mungkin Anda menganggap suatu iklan tidak sejalan dengan subjek blog Anda. Seorang blogger diet vegetarian mungkin ingin melayani iklan untuk produk makanan vegetarian, tapi itu bukan hal yang bisa serta merta kita tangani dalam sistem kerja iklan online. Pengiklan membayar untuk audiens Anda lebih untuk berpromosi secara luas bagi merk mereka daripada untuk mencocokkan produk niche mereka dengan fokus niche blog Anda.

9. Bagaimana saya dibayar?

Bagian keuangan WordAds membayar melalui Paypal sekali per bulan. Paypal saat ini hanya opsi pembayaran WordAds. (Sudah pasti wajib cek artikel ini: Penghasilan dan cara blogger dibayar)

10. Bagaimana jika saya ingin menghentikan penayangan iklan? Bagaimana saya bisa keluar dari program ini?

Anda dapat menghentikan program WordAds jeda setiap saat langsung dari dashboard wordpress.com Anda. (*)

Diterjemahkan secara (terjun) bebas dari Everything You Wanted to Know About WordAds

Untuk pemahaman yang menyeluruh tentang WordAds, Anda wajib menyimak yang satu ini: PANDUAN LENGKAP WORDADS

6 pemikiran pada “10 Poin penting cara cari duit lewat WordAds

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s