Panduan Lengkap WordAds

Panduan

Halaman depan WordAds dot co
Halaman ini membahas secara detil mengenai program periklanan WordAds, yakni program iklan khusus untuk blogger di penyedia layanan blog gratis – wordpress.com.
.
Menu Halaman:

1. Keuntungan Ikut WordAds

2. Tanya Jawab:

A. Opsi pemasangan iklan di wordpress.com

B. Bentuk iklan dan penempatannya

C. Penghasilan dan cara blogger dibayar

D. Syarat-syarat mengikuti program WordAds

E.  Menerbitkan dan menghentikan program iklan

Keuntungan Ikut WordAds

WordAds adalah layanan baru dari WordPress.com untuk memajang iklan di blog para blogger yang berhosting gratis di wordpress.com dan dinilai memenuhi syarat. Dengan demikian WordAds nerupakan program kemitraan khusus antara wordpress.com dan para pengguna layanan blog gratisnya.

Tim di WordAds dan WordPress.com membantu blogger untuk mendapatkan penghasilan dari pemasangan iklan berkualitas dari pemasang iklan  (advertiser) yang berani membayar tinggi space pemasangan iklan.

Mulai Januari 2012, WordAds telah menjalankan program iklan tersebut secara terbatas (versi beta). Saat ini sudah ada ribuan situs mitra yang terpajang iklan WordAds di dalamnya.

Program WordAds dirancang untuk memungkinkan pemilik situs fokus pada pengisian konten, sementara WordAds mengelola iklan di blog mereka.

Tim WordAds terdiri dari para profesional yang berpengalaman di bidang iklan online, desainer , engineer dan staf pendukung untuk membangun sebuah program iklan yang unik.

Kenapa unik?

Sebab WordAds adalah bagian dari WordPress.com yang tentu saja ikut bertanggung jawab atas isi blog-blog di wordpress.com dan paham keinginan para pemilik blog atas isi iklan yang pantas dipajang. Pada sisi lain, memudahkan calon/mitra pengiklan ketika ingin memasang iklan di blog wordpress.com. Tidak perlu mengontak satu per satu pemilik blog.

Mengelola dan mengoptimalkan iklan

Jika dalam program pemasangan iklan di blog pada umumnya selama ini terdapat dua platform atau hubungan, yakni satu dalam hal pengisian atau penerbitan blog dan satunya untuk pemasangan iklan, maka WordAds menggabungkan dua kemitraan itu menjadi satu.

Kami percaya, demikian kata tim Wordads, bahwa kombinasi ini mengurangi konflik kepentingan. WordPress.com dan WordAds ingin blogger bisa memaksimalkan potensi penghasilan dari blog tetapi bisa tetap fokus pada pengelolaan isi blog..

Kalau program periiklanan umumnya selama ini hanya terfokus untuk menampilkan sembarang iklan sesuai kemauan pengiklan ataupun keinginan pemilik blog, WordAds akan selalu menguji program-program iklan baru. Ketika mereka menemukan mitra iklan baru yang diperkirakan bakal memberikan pembayaran lebih tinggi atau memiliki iklan yang berkualitas, maka pihak WordAds akan mengombinasikan pemasangan iklan yang bisa memenuhi harapan semua pihak.

Fokus WordAds

  • Tarif tinggi. Karena WordPress.com merupakan salah satu situs web besar, tim WordAds punya kekuatan negosiasi dengan calon pemasang iklan.
  • Menjadikan iklan bisa tampil serasi dengan template/theme blog. Para desainer mereka membuat template  WordPress.com yang mudah dipasangi iklan dan tidak mengganggu kustomisasi template.
  • Menghemat waktu. Peogram iklan online sangat menyita waktu dalam pengaturannya, baik dalam hal mengelola iklan dalam beberapa bahasa maupun dalam mengatur saluran, apakah mobile ataukah web . Selain itu mengumpulkan pendapatan atau uang dari iklan sangat menguras waktu. Hal inilah yang ditangani WordAds. Dalam kaitan itulah WordAds memiliki tim engineer, desainer , manajer produk, dukungan dan akuntani untuk memberikan hal terbaik bagi terselenggaranya pemasangan iklan di blog WordPress.com.

WordAds Kreatif

WordAds dioptimalkan dengan rancangan berbagai iklan kreatif tergantung pada tempat tinggal (geografi) pengunjung, dan juga dari perangkat akses internet yang digunakan pengunjung.

Berikut adalah beberapa iklan video yang telah berjalan di situs WordAds:

 

 

Tanya Jawab:

A. Opsi pemasangan iklan di wordpress.com

Tanya:

Pilihan-pilihan apa yang bisa saya lakukan untuk pemasangan iklan di WordPress.Com?

Jawab:

Saat ini ada tiga pilihan.

1) Pemilik blog bisa memilih opsi No Ads atau melalui Bundle Upgrade.

Pengelola wordpress.com kadang-kadang menampilkan iklan di blog kita untuk membantu pendanaan operasional mereka. Hal itulah yang antara lain memungkinkan wordpress.com bisa memberikan layanan blog gratis.

Untuk menghilangkan iklan di blog kita sepenuhnya, kita bisa membeli No Ads Upgrade. Upgrade ini berguna bagi pemilik blog bisnis agar tidak ada kemungkinan iklan pesaing ditampilkan di blog mereka. Untuk upgrade No-Ads kita harus membayar $ 30.00 per blog per tahun.

Catatan: Untuk blog VIP (misalnya adalah blog omkicau.com, yang saat ini merupakan satu-satunya blog Indonesia yang menggunakan layanan Wordpess Enterprise) dan pengguna / blog WordAds dapat menjalankan iklan mereka sendiri, tapi hal ini tidak berlaku untuk pemilik account standar. Lihat halaman ini untuk informasi lebih lanjut tentang cara menjalankan iklan di blog Anda.

2)  Tidak ada pilihan lain kecuali menerima pemasangan iklan oleh pihak wordpress.com di blog kita karena kita tidak membayar fasilitas No-Ads ataupun membeli budlle upgrade.

3) WordAds adalah pilihan di mana wordpress.com dapat menjalankan iklan di semua halaman kita dan kita berbagi dalam pendapatan dengan pihak WordAds.

B. Bentuk Iklan dan Penempatannya

Tanya:

Seperti apa sih iklan WordAds?

Jawab:

Pada program iklan WordAds, saat ini ada dua opsi penempatan (Catatan: ada beberapa kali perubahan kebijakan WordAds dalam penempatan pada iklan di blog).

1) Pilihan Simple Ad. Iklan ini muncul baik di bagian bawah artikel pertama di halaman depan (home/beranda) dan di bagian bawah pada setiap akhir artikel. Ukuran iklan di sini disebut Middle Rectangle. Perwajahan blog dengan iklan ini adalah sebagai berikut:

Iklan di bawah setiap kutipan artikel pada halaman depan/home/beranda

Simple Ad - Iklan WordAds di setiap bagian bawah kutipan pertama artikel di home blog

Iklan di setiap akhir artikel

Simple Ad - Iklan WordAds kedua di setiap akhir artikel

2) Tata letak Optimized Ad.

Pada tata letak ini ada bentuk/penempatan iklan (a) yang disebut ‘Leaderboard’ yakni horisontal di bagian atas header; (b) sebuah ‘Skyscraper’ horisontal di salah satu sisi blog (sidebar) dan (3) ada iklan “Middle Rectangle” di bawah posting pertama di home/beranda.

Tata letak iklan Optimized Ad

Otimized Ad - Iklan WordAds Optimized AdPenempatan iklan dengan tata letak Optimized Ad, memerlukan persetujuan pemasang iklan untuk pemasangan di setiap situs.

Selain itu, ada juga template/tema wordpress.com yang tidak support untuk pemasangan iklan dengan Optimized Ad.

Berikut ini adalah 53 theme WordPress.Com yang support Optimized Ad:

Theme gratis: Twenty Ten, Twenty Eleven, Twenty Twelve, Forever, Sunspot, Dusk To Dawn, Greyzed, Skeptical, Quintus, Pilcrow, Blogum, Mystique, Coraline, iTheme2, Matala, Triton Lite, Koi, Adventure Journal, Choco, Modularity Lite, Parament, The Columnist, Spectrum, Nuntius, Piano Black, San Kloud, Elegant Grunge, Clean Home, Nishita, The Morning After, Selecta, Liquorice, Bold Life, Next Saturday, Rusty Grunge, Retro-fitted, Fruit Shake, Andrea, P2, Fusion, Comet, zBench.

Theme premium/berbayar: Opti, Linen, Delicious Magazine, Elemin, Pretty Young Thing, Minimum, Lifestyle, Headlines, Funki, Debut, Fresh News.

Hal lain dalam penempatan iklan

WordAds kadang-kadang menguji iklan jenis baru untuk periode tertentu dan akan selalui mengupdate cara dan penempatan iklan jika memang ada pola baru yang lebih baik.

Tanya: Dapatkah iklan lebih kontekstual dengan konten pada situs tertentu?

Jawab: Pengiklan WordAds menargetkan audiens blog dan ingin berada di halaman tertentu karena ramainya pengunjung blog . Jadi sifat iklan cenderung berupa sebuah branding untuk kalangan luas dan bukan tertarget pada sebuah lokal atau topik tertentu. WordAds mencatat bahwa pemasang iklan untuk kampanye yang luas memberikan bayaran lebih baik. Artinya, pengunjung blog dari negara di luar AS dan Eropa akan sering melihat iklan dengan target pembaca lokal .

Tanya:  Dapatkah saya memilih iklan mana yang akan dijalankan?

Jawab: Ketika Anda memiliki kontrol terbatas atas tampilan iklan Anda melalui Settings – > WordAds di Dashboard blog Anda, maka memilih pengiklan tertentu saat ini tidak bisa menjadi pilihan Anda, tapi yakinlah WordAds melakukan yang terbaik untuk mempertahankan standar tertinggi untuk WordAds kreatif.  Kami memiliki beberapa kemampuan untuk memblokir iklan. Jika Anda melihat iklan yang Anda temukan menyinggung atau bahwa Anda merasa hal itu akan merusak citra blog Anda, silakan membuat screenshot dan klik kanan iklan untuk menyalin URL iklan terkait . Jangan klik iklan secara langsung, karena mungkin akan mengarahkan ke URL yang berbeda. Setelah Anda yakin, jangan ragu untuk menghubungi WordAds.

Tanya: Dapatkah saya memiliki iklan lebih sedikit pada tiap halaman, atau lebih banyak di halaman tertentu atau penempatan yang berbeda pada setiap halaman?

Jawab: Beberapa blogger ingin penempatan iklan yang berbeda. WordAds dibatasi dalam menawarkan pilihan karena WordAds perlu menyesuaikan masalah itu dengan kondisi/tampilan setiap tema WordPress.com untuk mengakomodasi iklan dimaksud.

Tanya: Apakah semua iklan terlihat sama untuk semua pengunjung di semua negara?

Jawab: Sementara WordAds memiliki iklan yang sama secara global, WordAds juga memiliki mitra periklanan yang berbeda dari negara satu ke negara lainnya.

C. Penghasilan dan cara blogger dibayar

Tanya: Dimana saya bisa melihat penghasilan saya?

Jawab: Setelah bulan pertama Anda mengikuti program WordAds, Anda bisa melihat penghasilan Anda melalui tab sebagai berikut:

Dasbo > Pengaturan > WordAds

Setelah terbuka Tab WordAds dan di sana ada dua tab, Setting dan Eerning. Klik saja tulisan Earning, maka Anda akan melihat berapa penghasilan Anda.

Tanya: Apakah saya bisa mendapatkan informasi lebih lanjut terkait dengan penghasilan saya itu, misalnya berapa impresi dibayar berapa?

Jawab: Ada banyak variabel yang menentukan penghasilan Anda di luar masalah trafik/pageview, termasuk iklan kampanye apa saja yang aktif selama bulan berjalan itu serta di negara-negara mana saja iklan itu terlihat (pengiklan membayar lebih banyak untuk pengguna di kawasan Amerika Utara dan Eropa). WordAds terus meng-upgrade dengan mitra iklan baru untuk meningkatkan pembayaran sehingga (besaran pendapatan) akan berubah seiring berjalannya waktu. Artinya, bayaran yang Anda terima akan tergantung pada trafik blog serta sejumlah faktor lain tersebut.

Umumnya, pada program WordAds, kita dibayar untuk jumlah impresi/tampilan bukan oleh jumlah klik. Artinya, semakin banyak kunjungan yang Anda dapatkan, dan semakin sering pengunjung membuka situs Anda, semakin besar Anda mendapatkan bayaran.

Setelah bulan pertama Anda mengikuti program WordAds, Anda akan melihat penghasilan Anda di dashboard WordPress yang akan memberikan indikasi potensi penghasilan Anda. WordAds berharap bahwa selama waktu itu, WordAds bisa mengoptimalkan pendapatan sehingga Anda akan mendapatkan lebih untuk setiap halaman yang di dalamnya ada iklannya.

Tanya : Apakah iklan juga ditampilkan di email atau telepon genggam?

Jawab : WordAds tidak menjalankan program iklan di email tetapi menjalankannya pada smartphone, yang merupakan segmen trafik yang (saat ini) sangat cepat pertumbuhannya.

Tanya : Bagaimana dan kapan saya dibayar?

Jawab : WordAds membayar sekali per bulan melalui Paypal. Setelah bulan berjalan, WordAds akan mengirimkan email dengan link ke dashboard Anda yang memberitahu bahwa Anda mendapatkan bayaran untuk bulan berjalan sebelumnya. WordAds akan mengirimkan penghasilan Anda ke Paypal yang Anda gunakan pada setiap hari terakhir bulan berikutnya.

Jika Anda tidak mendapatkan jumlah minimal $ 100 dalam bulan itu, maka angka itu akan dibayarkan pada bulan berikutnya sampai mencapai jumlah minimum $100.

D. Syarat-syarat mengikuti program WordAds

Tanya: Situs saya memakai self-host di WordPress.org. Apakah saya bisa ikut program WordAds?

Jawab: WordAds saat ini tidak tersedia untuk situs self-hosted. Beberapa situs dipindahkan pemiliknya ke hostingan di WordPress.com dan (ikut) WordAds.

Tanya: Saya sudah mendaftar program WordAds. Kapan program itu bisa saya jalankan?

Jawab: WordAds telah meluncurkan program dalam versi beta, tetapi WordAds belum mampu melayani semua situs yang tertarik untuk bergabung. WordAds masih harus memastikan bahwa iklan bisa muncul dengan baik pada setiap tema dan situs sampai pada tingkat kemajuan yang bisa diukur.

Tanya: Mengapa saya harus mengubah (mengostum) nama domain?

Jawab:. WordAds tidak bisa menjalankan program pada blog dengan alamat default gratis (contohnya URL example.wordpress.com), sehingga Anda harus mendaftarkan nama domain baru di wordpress.com atau memetakan nama domain yang sudah Anda miliki ke blog WordPress.com pilihan Anda.

E. Memulai menerbitkan dan menghentikan program iklan

Tanya: Apa yang harus saya lakukan untuk memulai WordAds?

Jawab: Setelah Anda mengisi formulir pendaftaran, WordAds akan meninjau situs Anda untuk memastikan blog Anda sesuai dengan standar penerbit WordAds. Lantas WordAds  akan meluncurkan program iklan dan mengirimkan pemberitahuan kepada Anda bahwa program iklan sudah berjalan di blog Anda.

Tanya: Dapatkah saya menghentikan WordAds?

Jawab: Anda dapat menghentikan untuk beberapa waktu pada setiap saat dengan masuk ke Dashboard> Pengaturan> WordAds.

Hanya perlu Anda ketahui bahwa jika Anda menghentikan program WordAds, maka Anda masih dapat melihat iklan di situs Anda, kecuali jika Anda melakukan upgrade No Ads ataupun membeli bundle upgrade (cek lagi Opsi Pemasangan Iklan di Wordpres di halaman Opsi pemasangan iklan di wordpress.com).

 

UNTUK PEMAHAMAN LEBIH KOMPREHENSIF, JUGA PERLU LIHAT ARTIKEL “10 Poin penting cara cari duit lewat WordAds“.

Sumber: wordads.co

Iklan

3 pemikiran pada “Panduan Lengkap WordAds

  1. Ping balik: 10 Poin penting cara cari duit lewat WordAds | ArifuddinAli's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s