Bhumibol Adulyadej Jadi Raja Terkaya di Dunia

raja-thailand-bhumibol-adulyadejSejumlah negara di dunia masih mempertahankan sistem pemerintahan monarki alias kerajaan.

Namun, sebagian besar keluarga kerajaan itu nyaris tidak memiliki kekuasaan politik lagi namun tetap memiliki kekayaan melimpah ruah.

Lalu keluarga kerajaan mana saja yang terkaya di dunia? Berikut lima keluarga kerajaan terkaya di dunia.

1. Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej

Raja yang dikenal juga dengan gelar Rama IX, raja yang paling lama berkuasa di Thailand itu menduduki peringkat teratas. Selama berkuasa 68 tahun, Raja Bhumibol (84) memiliki kekayaan dengan jumlah menakjubkan yaitu 30 miilar dolar AS atau sekitar Rp 345 triliun.

Biro Properti Kerajaan mengelola semua properti dan investasi keluarga kerajaan. Aset yang dikelola biro ini termasuk 1.340 hektar tanah di kota Bangkok dan 5.340 hektar di berbagai wilayah pedesaan Thailand.

Sang raja juga memiliki 32 persen saham Siam Cement, 23 persen saham Siam Commercial Bank dan berbagai investasi lainnya.

Dia juga memiliki berlian Golden Jubilee, salah satu berlian terbesar di dunia yang diperkirakan berharga antara 4-12 juta dolar AS.

Tak hanya itu, di bawah undang-undang Thailand, Raja Bhumibol tak boleh dihina. Barangsiapa menghina sang raja terancam hukuman penjara.

2. Raja Brunei, Hassanal Bolkiah

Sultan Hassanl Bolkiah

Sultan Hassanl Bolkiah

Salah satu negeri monarki absolut yang tersisa di dunia ini mendapatkan kekayaannya dari persediaan minyak buminya. Namun, diperkirakan persediaan minyak mentah Brunei akan habis dalam waktu 25 tahun.

Pemimpin negeri ini adalah Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddien Sa’adul Khairi Waddien. Selain menjadi Sultan, dia juga adalah perdana menteri dan panglima tertinggi angkatan bersenjata Brunei.

Dengan kekayaan mencapai 20 miliar dolar AS, tak heran jika Hassanal Bolkiah memiliki istana dengan 1.800 kamar dan menjadi salah satu kolektor mobil terbanyak di dunia. Rincian soal jenis mobil yang dimilikinya simpang siur, namun dikabarkan salah satunya dalah sebuah Rolls-Royce yang dilapisi emas 24 karat.

Semua kekayaan ini kelak akan menjadi milik sang putra, Al-Muhtadee Billah.

3. Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz al-Saud
Abdullah bin abdulan azizRaja Abdullah mendapatkan kekayaannya yang mencapai 18 miliar dolar AS lebih karena negerinya memiliki 18 persen cadangan minyak mentah seluruh dunia.

Dalam usia hampir 90 tahun, kesehatan Raja Abdullah terus menurun dan perebutan kekuasaan diperkirakan akan muncul setelah kematiannya.

Seusai tradisi penguasa tahta Saudi adalah keturunan langsung Ibn Saud pendiri Arab Saudi. Sehingga tak satupun anggota keluarga Abdullah dari empat isri, tujuh putra dan 15 putri akan menduduki tahta Saudi.

4. Emir Abu Dhabi, Khalifa bin Zayed al-Nayhan
Emir Abu DhabiSheik Khalifa menjadi Presiden Uni Emirat Arab dan pemimpin Abu Dhabi sejak 2004. Menurut majalah Forbes, kekayaan Sheikh Khalifa sebesar 15 miliar dolar AS itu berasal dari produksi minyak negerinya. Dia dikabarkan mengendalikan cadangan minyak sebesar 100 miliar barel.

Sheikh Khalifa juga menjalankan salah satu perusahaan pengelola dana kekayaan terbesar kedua di dunia dengan aset mencapai 627 miliar dolar AS. Seluruh keluarga Al Nahyan dikabarkan memiliki total kekayaan mencapai 150 miliar dolar AS.

5. Sheikh Dubai, Mohammed bin Rashid al-Maktoum
Mohammed bin Rashid al-MaktoumSheikh Mohammed adalah orang nomor dua di Uni Emirat Arab. Dia menjabat perdana menteri dan wakil presiden UEA sejak 2006, setelah mengambil alih jabatan itu dari kakaknya.

Sheikh Mohammed memiliki sebuah kapal layar bernama Dubai, yang berharga 300 juta dolar AS. Kapal itu memiliki panjang 152 meter dan bisa menampung 115 orang penumpang dan kru. (tribunnews.com 05052014)

Iklan