Setidaknya 62 tewas dalam serangan Israel di Gaza pinggiran

Smoke rises during what witnesses said were heavy Israeli shelling at the Shejaia neighbourhood in Gaza City

Asap mengepul dalam serangan Israel di kawasan Shejaia di Kota Gaza 20 Juli 2014.

(Reuters) Sedikitnya 62 warga Palestina tewas pada hari Minggu dalam serangan Israel terhadap Gaza lingkungan yang meninggalkan mayat berserakan di jalan-jalan dan ribuan mengungsi untuk berlindung ke rumah sakit dikemas dengan terluka, saksi dan pejabat Palestina mengatakan.

Militer Israel mengatakan militan dari grup Hamas yang dominan Gaza merespons dengan rudal anti-tank dan senjata api berat di beberapa pertempuran paling berdarah sejak Israel melancarkan serangan ke Gaza 13 hari yang lalu.

Ada dua jam gencatan senjata kemanusiaandi daerah, yang disetujui kedua belah pihak atas permintaan Komite Internasional Palang Merah, rusak dalam beberapa menit dengan masing-masing pihak menyalahkan yang lain.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menuduh Israel melakukan pembantaian dan menyatakan tiga hari berkabung. Militer Israel mengatakan Hamas telah menembakkan roket dan terowongan dibangun dan pusat komando di Sheja dan bahwa mereka telah memperingatkan penduduk setempat untuk mengevakuasi dua hari sebelumnya. Pasukan darat yang telah didukung oleh serangan udara dan artileri, tentara ditambahkan.

Teriakan sedih dari Apakah Anda melihat Ahmed?” “Apakah Anda melihat istri saya?” bergema melalui halaman rumah sakit Shifa di Gaza, di mana penduduk panik dari Shejaia berkumpul dalam kelompok-kelompok keluarga. Di dalam, tubuh dan terluka tergeletak di lantai berlumuran darah.

Laki-laki tua di sana mengatakan serangan Israel adalah sengit mereka lihat sejak perang Timur Tengah 1967, ketika Israel merebut Gaza.

Direktur rumah sakit Shifa, Naser Tattar, mengatakan 17 anak, 14 perempuan dan empat orang tua termasuk di antara 62 tewas, dan sekitar 400 orang terluka dalam serangan Israel.

KEMATIAN TOLL TOPS 400

Pejabat Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, sedikitnya 403 warga Palestina, sebagian besar warga sipil, telah tewas dan sekitar 2.600 terluka dalam 13 hari serangan, bahwa Israel mengatakan diluncurkan untuk menghentikan pemasangan lintas batas serangan roket oleh militan.

Di sisi Israel, dua warga sipil telah tewas akibat tembakan lintas batas dan lima tentara tewas dalam pertempuran. Lebih dari 50 tentara Israel terluka, kata pejabat rumah sakit.

Ribuan melarikan diri Shejaia, beberapa dengan berjalan kaki dan lain-lain menumpuk ke dalam bak truk dan duduk di atap mobil mobil penuh dengan keluarga mencoba melarikan diri. Beberapa orang berkuda keluar dari lingkungan dari 100.000 di sekop buldoser.

Video yang diberikan kepada Reuters oleh lokal menunjukkan selusin setidaknya mayat, termasuk tiga anak-anak, tergeletak di jalan-jalan puingpenuh, meskipun rekaman tidak dapat diverifikasi secara independen.

Sebagai cangkang tangki mulai mendarat, warga Shejaia disebut stasiun radio memohon evakuasi. Sebuah serangan udara di Shejaia rumah Khalil alHayya, seorang pejabat senior Hamas, membunuh anaknya, anak-in-hukum dan dua cucu, kata para pejabat rumah sakit.

Israel, yang menuduh Hamas menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia dengan meluncurkan roket dari daerah pemukiman, mengirim pasukan darat ke Jalur Gaza pada hari Kamis setelah 10 hari dari udara, waduk angkatan laut dan artileri gagal menghentikan salvo.

Militer mengatakan ditingkatkan kehadirannya pada hari Minggu, dengan fokus pada menghancurkan stok rudal dan sistem terowongan yang luas Hamas dibangun di sepanjang perbatasan dengan Israel.

Ini telah menjadi hari yang berat pertempuran, tapi itu tidak akan menghalangi kita,” kata Menteri Keuangan Israel Yair Lapid, tanpa mengacu pada peristiwa di Shejaia.

Operasi ini diperlukan dan, jika diperlukan, kami akan memperluas itu,” katanya kepada wartawan saat mengunjungi terluka tentara Israel di sebuah rumah sakit di selatan kota Beersheba.

UPAYA gencatan senjata

Mesir, Qatar, Prancis dan PBB, antara lain, semuanya telah mendorong gencatan senjata permanen, dengan sedikit tanda kemajuan.

Militan terus serangan roket mereka ke Israel pada hari Minggu. Sirene terdengar di kota-kota Israel selatan dan di daerah metropolitan Tel Aviv. Tidak ada laporan tentang korban di pihak Israel.

Qatar adalah karena menjadi tuan rumah pertemuan antara Abbas dan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon pada hari Minggu, sumber Qatar senior mengatakan kepada Reuters. Ban dijadwalkan untuk melakukan perjalanan ke Kuwait, Mesir, Israel, wilayah Palestina dan Yordania selama seminggu, kata sebuah pernyataan PBB. Sumber Qatar mengatakan Abbas juga akan bertemu dengan pemimpin Hamas Khaled Meshaal.

Abbas pada bulan April yang didukung Barat mencapai kesepakatan rekonsiliasi dengan Hamas, yang merebut Jalur Gaza pada tahun 2007 dari pasukan yang setia kepada gerakan Fatah. Perjanjian tersebut menyebabkan pembentukan pemerintah persatuan Palestina dan penarikan Israel dari pembicaraan damai yang ditengahi AS.

Hamas telah menolak satu gencatan senjata yang ditengahi Mesir, mengatakan kesepakatan apa pun harus mencakup diakhirinya blokade wilayah pesisir dan recommitment untuk gencatan senjata dicapai setelah perang delapan hari di Gaza pada tahun 2012.

Permusuhan meningkat setelah membunuh bulan lalu dari tiga siswa Yahudi bahwa Israel menyalahkan Hamas. Hamas tidak membenarkan atau membantah terlibat.

Balas dendam pembunuhan jelas seorang pemuda Palestina di Yerusalem, yang Israel telah dikenakan tiga warga Israel, lebih didorong ketegangan.

(Tambahan pelaporan oleh Noah Browing di Gaza dan Ari Rabinovitch di Yerusalem; Menulis oleh Jeffrey Heller)

Sumber: reuters.com – 20 Juli 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s