Tokoh dalam Video ISIS Jago Beladiri

20140805_isis-youtubeSosok Abu Muhammad Al Indonesiy menjadi buah bibir masyarakat setelah secara terang-terangan muncul di situs youtube. Presiden SBY bahkan memerintahkan Menkominfo Tifatul Sembiring untuk menutup situs yang penuh ajakan propaganda itu.

Namun siapa sejatinya Abu Muhammad itu ? Kapolri Jenderal Sutarman menjelaskan, polisi sudah mengantongi identitasnya. Kapolri hanya menyebutkan inisialnya B.

Peneliti terorisme Universitas Indonesia Ridlwan Habib menjelaskan, B yang dimaksud Kapolri adalah Bahrumsyah. “Dia sempat berkeliling Indonesia di bulan Maret 2014 untuk mengkampanyekan ISIS sebelum berangkat ke Suriah,” ujarnya di Jakarta hari ini (5/8/2014).

Menurut alumni S2 Kajian Stratejik Intelijen UI itu, Bahrumsyah seorang ahli beladiri. “Dia menguasai beberapa aliran kungfu, seperti wing chun dan jeet kun do,” kata Ridlwan.

Bahrumsyah aktif dalam beladiri itu sejak kuliah di UIN Ciputat tahun 2004. “Setahu saya dia tidak lulus. Tapi, silahkan cek ke UIN agar tidak salah,” kata Ridlwan.

Bahrumsyah beristri tiga. Salah satunya adalah janda tersangka teroris yang ditembak Densus 88 Polri. “Namun Bahrumsyah belum pernah ikut dalam gerakan terorisme. Dia hanya aktif di pengajian-pengajian kelompok ustad Amman,” katanya.

Amman Abdurahman adalah terpidana kasus terorisme yang sekarang ditahan di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

“Di kalangan gerakan jihad, pemahaman ISIS atau sekarang disebut Daulah Islamiyah itu masih jadi perdebatan. Tidak semua sepaham,” kata Ridlwan.

Sumber: tribunnews.com – 5 Agustus 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s