11 Poin Tawaran Damai Israel-Hamas

Demo bebaskan Gaza. (Foto: Reuters)

Demo bebaskan Gaza. (Foto: Reuters)

KAIRO – Mesir menawarkan perjanjian damai kepada Israel dan Hamas. Dalam tawaran itu terdapat 11 poin yang dibicarakan dalam perjanjian damai di Kairo, Mesir.

Berikut ke-11 tawaran tersebut, seperti dikutip Al-Shourouq, Sabtu (16/8/2014).

1.Israel akan menghentikan serangan di Gaza, mulai dari jalur laut, darat dan udara. Tentara Israel juga tidak akan masuk ke Gaza lagi.

2.Semua Faksi di Gaza akan menghentikan serangan terhadap Israel melalui darat, laut dan udara. Pembangunan terowongan juga akan dihentikan.

3.Pergerakan orang yang ingin masuk untuk membangun Gaza akan diizinkan. Begitu juga dengan perdagangan barang dari Judea, Samaria and Gaza, serta sebaliknya, sesuai dengan prinsip-prinsip yang sudah disepakati antara Otoritas Israel dan Palestina.

4.PemerintahIsrael akan berkoordinasi dengan otoritas Palestina yang bersangkutan dengan keuangan dan pembangunan Gaza.

5.Pembersihan dari zona penyangga di utara dan selatan Gaza, serta penyebaran pasukan keamanan Otoritas Palestina mulai tanggal 1 Januari 2015.

6.Kebebasan untuk memancing dan bergerak di wilayah perarian Gaza dalam jarak enam kilometer. Jarak itu akan meningkat hingga 12 kilometer, setelah berkoordinasi dengan PA dan Israel.

7.Pemerintah Israel akan membantu otoritas Palestina (PA) dalam membangun kerusakan infrastruktur di Gaza, dan akan membantu kebutuhan mereka yang terpaksa melarikan diri dari rumah karena perang. Sebagai tambahan, Israel akan menyediakan bantuan medis bagi yang terluka dan membawa makanan serta bantuan kemanusiaan ke Gaza.

8.Otoritas Palestina dalam berkoordinasi dengan Pemerintah Israel dan organisasi internasional, akan menyediakan bahan dasar yang dibutuhkan untuk merehabilitasi Gaza. Menurut jadwal yang ditetapkan akan memungkinkan untuk para pengungsi kembali rumah mereka secepat mungkin.

9.Mesir meminta kepada masyarakat internasional untuk menyediakan bantuan kemanusiaan dan meningkatkan pendanaan yang dibutuhkan untuk membangun Gaza, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

10.Setelah Gencatan senjata stabil dan kehidupan normal kembali di Gaza, kedua belah pihak akan menyelesaikan pembicaraan tidak langsung di Kairo, dalam waktu satu bulan sejak tanggal perjanjian yang belum ditandatangani.

11.Cara untuk mendirikan dan mengoperasikan bandara dan pelabuhan di Gaza, sesuai dengan Persetujuan Oslo dan perjanjian lainnya, juga akan dibahas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s