700 Warga Suku di Suriah Dieksekusi ISIS

Kelompok ISIS di Suriah (Foto: AP)

Kelompok ISIS di Suriah (Foto: AP)

BEIRUT – Kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dikabarkan melakukan eksekusi terhadap sekira 700 orang anggota kelompok sebuah suku di Suriah. Sebagian besar dari korban eksekusi ISIS adalah warga sipil.

Menurut kelompok The Syrian Observatory for Human Rights, pihaknya mendapat keterangan dari sumber yang bisa dipercaya bahwa eksekusi itu dilakukan terhadap sebagian besar anggota Suku al-Sheitaat. Suku ini berada di Provinsi Deir al-Zor.

Konflik antara kelompok ISIS dengan Suku Al-Sheitaat ini dipicu setelah kelompok militan itu mengambil alih dua ladang minyak pada Juli 2014 lalu.

“Mereka yang dieksekusi adalah anggota Suku Al-Sheitaat. Beberapa dari mereka ditangkap, diadili dan kemudian dibunuh,” ujar Direktur Observatory Rami Abdelrahman, seperti dikutip Reuters, Minggu (17/8/2014).

Seorang aktivis yang bermukim di Deir al-Zor mengatakan, sekira 300 pria dieksekusi di satu kota bernama Ghraneij. Kota tersebut merupakan satu dari tiga kota utama bagi Suku Al-Sheitaat.

Sementara seorang aktivis lainnya di Deir al-Zor mengatakan bahwa warga di kota tempat Al-Sheitaat bermukim, diberikan waktu tiga hari untuk pergi dari tempat mereka.

Warga sipil yang melarikan diri dari ISIS, saat ini tengah mengungsi di desa lain. Sementara beberapa dari warga lainnya mencari perlindungan di Irak.

ISIS mengumumkan telah membentuk kekhalifahan di Suriah dan Irak. Saat ini ISIS terus memperkuat kekuasaannya di Suriah di mana mereka berhasil menguasai hingga sepertiga wilayah pegunungan di utara dan timur. (international.okezone.com 17082014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s