Ketakutan, Motif AS Serang Bendungan Mosul

20140819--bendungan-mosul

M Fachry untuk Al-Mustaqbal Channel

MOSUL, KHILAFAH ISLAM-Khawatir bendungan Mosul tetap dikuasai Khilafah Islam, AS gencar melakukan serangan udara mendukung pasukan Iraq untuk merebut bendungan terbesar di Iraq tersebut. Dalam suratnya kepada Kongres, Obama mengatakan, apabila bendungan itu tetap dikuasai kelompok militan Daulah Islamiyah, IS, akan beresiko terhadap keamanan dan keselamatan staf dan fasilitas milik AS, termasuk kantor kedutaannya, di Baghdad. Allahu Akbar!

Obama mengutarakan hal itu menyusul serangan udara AS untuk pertama kalinya dalam membantu pasukan Kurdi menguasai bendungan terbesar di Iraq yang terletak di Mosul.

Presiden Obama mengatakan, operasi militer ini bersifat terbatas dalam lingkup maupun waktunya, demikian keterangan resmi Gedung Putih, Ahad (17/08/2014). Obama juga menambahkan, selain untuk mengamankan kepentingan AS di Iraq, serangan udara tersebut untuk “melindungi pemerintah Iraq dalam upaya melayani kebutuhan rakyatnya”.

Waduk Mosul adalah pembangkit listrik tenaga air terbesar di Iraq. Waduk itu berada di wilayah Sungai Tigris, sekira 50 kilometer dari sebelah utara Mosul yang kini telah berada di tangan Khilafah Islamiyah.

Dengan dikuasainya waduk atau bendungan Mosul, Khilafah Islam bisa membanjiri kota-kota besar di Iraq, atau menahan air yang sangat dibutuhkan tersebut yang berarti ancaman untuk seluruh fasilitas AS di Baghdad.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pasukan Peshmerga Kurdi Irak mengklaim berhasil merebut kembali bendungan Mosul. Namun, seorang kolonel anggota pasukan Peshmerga membantahnya dan mengatakan bahwa waduk atau bendungan Mosul masih dikuasai oleh pasukan Khilafah Islam.

Meski belum ada rilis resmi, seorang Mujahidin Khilafah Islam, melalui akun twiternya yang kemudian dikutip oleh AFP, membantah bendungan Mosul telah diambil alih oleh pasukan Kurdi.

“Kami masih sepenuhnya menguasai bendungan Mosul,” demikian pernyataannya.

Sumber : Diolah dari Detik, Pikiran Rakyat

-mustaqbal.net-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s