Ancaman Negara Islam ‘melebihi apa yang telah kita lihat’: Pentagon

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel berbicara dalam konferensi pers di Pentagon di Washington, 21 Agustus 2014.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel berbicara dalam konferensi pers di Pentagon di Washington, 21 Agustus 2014.

Kecanggihan, kekayaan dan kekuatan militer militan Negara Islam merupakan ancaman besar bagi Amerika Serikat yang mungkin melampaui yang pernah ditimbulkan oleh al Qaeda, para pemimpin militer AS mengatakan pada hari Kamis.

“Mereka adalah ancaman bagi setiap bunga yang kita miliki, apakah itu di Irak atau di tempat lain,” kata Menteri Pertahanan Chuck Hagel wartawan di Pentagon.

Penilaian Hagel murah dari Negara Islam, yang mendapatkan kekuatan selama perang sipil Suriah dan menyapu ke Irak utara awal musim panas ini, terdengar catatan alarm beberapa hari setelah kelompok diposting video di media sosial menunjukkan salah satu pejuangnya memenggal kepala seorang sandera Amerika yang diculik di Suriah .

Ketika ditanya apakah organisasi Muslim Sunni garis keras menjadi ancaman bagi Amerika Serikat sebanding dengan serangan 11 September 2001, Hagel mengatakan “secanggih dan baik yang didanai sebagai kelompok yang telah kita lihat.”

“Mereka berada di luar hanya kelompok teroris. Mereka menikah ideologi, sebuah kecanggihan … kekuatan militer. Mereka sangat baik yang didanai. Ini melebihi apa yang telah kita lihat.”

Hagel berbicara sebagai Amerika Serikat terus menyerang target Negara Islam di Irak. Dalam dua minggu terakhir, pesawat tak berawak AS dan jet tempur telah melakukan 89 serangan udara terhadap sasaran militan di Irak utara.

Sejauh ini, Presiden Barack Obama telah berusaha untuk membatasi kampanye militer baru di Irak untuk melindungi diplomat Amerika dan warga sipil di bawah ancaman langsung. Obama mengakhiri perang di Irak yang menewaskan ribuan tentara Amerika dan dikonsumsi kebijakan luar negeri AS selama hampir satu dekade,

Bahkan setelah pembunuhan mengerikan wartawan AS James Foley, Obama dipandang sebagai tidak mungkin untuk memperdalam keterlibatan militer jangka pendek dalam baik Irak atau Suriah saat ia berusaha untuk menghindari menjadi terlibat dalam konflik Timur Tengah berantakan lagi.

Namun para pejabat AS mengatakan mereka tidak mengesampingkan peningkatan aksi militer terhadap Negara Islam, yang telah meningkatkan ancaman terbuka terhadap Amerika Serikat sejak kampanye udara di Irak dimulai.

‘APOKALIPTIK, END-OF-HARI VISION’

“Kami belum membuat keputusan untuk mengambil tindakan tambahan pada saat ini, tapi kami benar-benar tidak mengesampingkan tindakan tambahan terhadap Isil jika menjadi diperlukan,” Ben Rhodes, seorang pembantu senior Obama, mengatakan kepada National Public Radio sebelumnya pada hari Kamis, menggunakan nama lain untuk Negara Islam.

Jenderal Martin Dempsey, ketua Gabungan Kepala Staf, kata para pejabat khawatir tentang kemungkinan bahwa Eropa atau US warga negara, radikal setelah pertempuran di Irak atau Suriah, akan kembali ke negara asal mereka.

Dempsey menyarankan Negara Islam akan tetap bahaya sampai tidak bisa lagi mengandalkan safe havens di wilayah Suriah di bawah kendali militan.

“Ini adalah sebuah organisasi yang memiliki apokaliptik, hari akhir-of-visi strategis dan yang pada akhirnya harus dikalahkan,” kata Dempsey.

“Untuk pertanyaan Anda, mereka dapat dikalahkan tanpa mengatasi bagian dari organisasi mereka yang berada di Suriah? Jawabannya adalah tidak. Itu harus ditangani di kedua sisi apa yang pada dasarnya pada saat ini perbatasan tidak ada.”

Sumber: reuters.com – Thu 21 Agustus 2014

Iklan

Satu pemikiran pada “Ancaman Negara Islam ‘melebihi apa yang telah kita lihat’: Pentagon

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s