ISIS: Serangan Udara AS Tak Berguna

20140925-ISIS-Serangan Udara AS Tak Berguna

Bagdad – Serangan udara yang dilancarkan Amerika Serikat dan sekutu Baratnya terhadap militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), yang kini menyebut diri sebagai Negara Islam atau Daulah Islamiyah (DI), dipandang sebelah mata oleh kelompok pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi itu.

“Apa hanya ini yang bisa Anda lakukan?” kata juru bicara ISIS, Abu Muhammad al-Adnani, dalam sebuah rekaman radio mengacu pada serangan udara AS, seperti dikutip dari BBC, Senin, 22 September 2014.

Merasa serangan udara AS dan sekutunya tidak berarti signifikan, dalam rekaman berbahasa Arab tersebut ISIS bahkan dengan berani menantang AS untuk terjun langsung dalam serangan darat. ISIS memperingatkan Presiden AS Barrack Obama “akan dipaksa untuk terlibat perang di darat.”

Memang sejauh ini AS dan sejumlah negara Barat lain, seperti Inggris, Prancis, Kanada, dan Australia, hanya melancarkan serangan udara untuk menggempur basis ISIS di wilayah Irak dan Suriah.

Sebelumnya, serangan udara AS dilancarkan hanya untuk melindungi sejumlah kepentingan dan warganya serta mengamankan para pengungsi Irak dan infrastruktur. Namun, Obama kemudian memerintahkan untuk memperluas serangan udara guna menyudahi perjuangan ISIS di mana pun mereka berada.

Sumber: tempo.co – 23 September 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s